BERITA

Sarasehan 2017


2019-05-02T00:00:00

Program Studi Ilmu Pemerintahan Gelar Sarasehan

 

Program Studi (Prodi) Ilmu Pemerintahan Universitas Amikom Yogyakarta menyelenggarakan sarasehan bagi mahasiswa. Rabu, 25 Juli 2018 di Ayam Trancam Kang Min, Sambisari. Acara Saraseham ini diikuti oleh Dekan Fakultas Ekonomi Dan Sosial, Kaprodi Ilmu Pemerintahan, Dosen Prodi Ilmu Pemerintahan dan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan angkatan 2017.

Acara sarasehan dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi Dan Sosial Universitas Amikom Yogyakarta Emha Taufiq Luthfi , S.T, M.Kom. Dalam sambutanya Pak Emha beliau mengapresiasi langkah yang digagas oleh Prodi Ilmu Pemerintahan dalam melaksanakan acara Sarasehan. Acara seperti ini perlu diagendakan rutin untuk memotivasi siswa agar dapat meningkatkan proses pembelajaran dan semangat belajar untuk menjadi lebih baik lagi serta untuk meningkatkan keakraban bagi dosen dengan mahasiswa Ilmu Pemerintahan. Beliau juga menegaskan bahwa hubungan antara dosen dengan mahasiswa ilmu pemerintahan harus lebih dieratkan dengan melakukan kegiatan sarasehan ini setiap 1 bulan sekali. Mahasiswa Ilmu Pemerintahan 2017 tampak antusias mendengar ucapan dari Pak Emha yang akan melakukan kegiatan sarasehan setiap 1 bulan sekali.

Acara berikutnya adalah sambutan dari Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Anik Sri Widawati, S.Sos.,M.M. dalam sambutannya memaparkan sekilas tentang Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan yang berupaya menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang secara khusus mengedepankan kajian digital governance dalam rangka memberikan kontribusi penciptaan layanan publik modern, humanis dan integratif bagi masyarakat global. Prodi S1-IP lebih mengkaji kebaruan fenomena relasi kuasa antara state, civil society dan  market dalam tata kelola urusan publik. Prodi S1-IP memiliki 3 minat studi yaitu  Digital Governance, Local Government, Sociopreneurship.

 

Pemberian Buku Manual Prosedur Dari Prodi Ilmu Pemerintahan

 

Acara sarasehan ini diisi dengan penyampaian kurikulum Prodi Ilmu Pemerintahan serta penyampaian Standar Operating Procedure. Para mahasiswa diberikan buku manual prosedur dari Prodi Ilmu Pemerintahan. Penyampaian kurikulum Prodi Ilmu Pemerintahan oleh Hanantyo Sri Nugroho, S.IP., M.A  dan Ferri Wicaksono, S.IP., M.A. Dalam penyampaian kurikulum Bapak Hanan dan Bapak Ferri memaparkan tentang Prospek Lulusan Ilmu Pemerintahan bisa Mengaplikasikan ilmunya sebagai pegawai pada lembaga pemerintahan baik Pusat maupun Daerah, sebagai pegawai BUMN/BUMD perusahaan publik lainnya, sebagai analis profesional bidang pemerintahan, pendidik/peneliti bidang pemerintahan, konsultan profesional bidang pemerintahan, penggerak pada organisasi sosial/LSM yang professional dsb.

Program Studi Sarjana Ilmu Pemerintahan bergelar Sarjana Ilmu Pemerintahan (yang selanjutnya disingkat S.I.P). Beban studi yang harus ditempuh mahasiswa Prodi S1-IP di Universitas AMIKOM Yogyakarta total 144 SKS. Prodi S1-IP menerapkan penyelenggaraan kurikulum terstruktur. Struktur kurikulum Prodi S1-IP terbagi menjadi dua bagian yakni inti dan institusional. Berdasarkan struktur kurikulum inti dan institusional ini bertujuan memberikan pemahaman metodologi, konsep dasar ilmu pemerintahan, konsep dasar ilmu politik, pelayanan publik, organisasi publik, kebijakan publik dan pengembangan keilmuan sesuai kebutuhan pasar melalui minat studi (spesialisasi).  

Penyampaian Standar Operating Procedure Prodi Ilmu Pemerintahan Oleh Ferri Wicaksono, S.IP., M.A. Dalam penyampaian Standar Operating Procedure Bapak Ferri memaparkan tentang: Mekanisme Pengambilan Mata Kuliah  seperti Struktur Mata Kuliah Per Semester, Prasyarat Pengambilan Mata Kuliah, Pengulangan Mata Kuliah serta Penghapusan Mata Kuliah

Selain mekanisme pengambilan mata kuliah beliau menyampaikan mengenai Mekanisme Pengaduan Nilai, Mekanisme Pembimbingan Dan Konsultasi Akademik, Mekanisme Pelaksanaan Internship dan Mekanisme Penyusunan Skripsi yang dimulai dari Prasyarat Mahasiswa, Prosedur Pembimbingan Pra-Proposal, Prosedur Pengajuan Proposal Skripsi, Prosedur Ujian Proposal Skripsi, Prosedur Pembimbingan Skripsi, Prosedur Ujian Skripsi, Ketentuan Penyusunan Skripsi.

Foto Bersama Keluarga Besar Progam Studi  Ilmu Pemerintahan

 

Kegiatan Sarasehan ditutup pada pukul 16.00 WIB oleh Mega Qorina Dewi selaku MC dan dilanjutkan dengan foto bersama keluarga besar Progam Studi  Ilmu Pemerintahan  Universitas Amikom Yogyakarta.

(EN)