BERITA

Lauching dan Diskusi Bersama E-Gov Voices “Demokrasi Digital : Masalah dan Tantangan di Indonesia”


2019-05-02

 

Ilmu Pemerintahan Universitas AMIKOM Yogyakarta melakukan Launching dan Diskusi Umum “E-Gov Voices” yang berlangsung di Ruang Cinema Universitas AMIKOM Yogyakarta, Sabtu (17/11) dan dibuka langsung oleh bapak Emha Taufiq Luthfi, S.T., M.Kom, Dekan Fakultas Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Univeritas AMIKOM Yogakarta. Selain itu, beliau menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. Beliau berharap agar acara ini bisa banyak memberikan manfaat bagi para mahasiswa yang mengikuti agenda ini. di hadiri juga oleh Ibu Anik Sri Widawati, S.Sos, M.M, Kepala Program Studi Ilmu Pemerintahan dan para dosen Universitas AMIKOM Yogyakarta.

E-GOV Voices adalah sebuah kegiatan seminar dan diskusi umum yang berisi ekonomi, sosial-budaya, politik dan pemerintahan era modern saat ini. acara ini dikonsep dengan tema millenial, agar dapat disajikan dengan menarik dan disambut dengan baik oleh akademisi, mahasiswa dan seluruh kalangan muda. E-Gov voices diharap dapat mengkatkan pengetahuan dan keingintahuan terutama kalangan muda mengenai pristiwa-pristiwa modern terkait topik diatas. E-Gov Voices akan diadakan berseries, mengangkat isu-isu, masalah dan keresahan yang sedang terjadi disetiap seriesnya.

 

Launching E-Gov Voices atau E-Gov Voices #1 ini akan diadakan dengan mengangkat Tema “Demokrasi Digital : Masalah dan Tantangan di Indonesia”. Dalam E-Gov Voice yang pertama ini, narasumber yang diundang adalah Frans Vicky Djalong, M.M,Ph.D, (Pengamat Demokrasi Digital dan Dosen Sosiologi UGM) dan Muhammad Zuhdan, S.IP, MA (Dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Amikom Yogyakarta).

Era Digital saat ini menyebabkan adanya perubahaan sistem yang lebih efektif, efisien, tranparan dan akuntabel. Dengan didorongnya aspek-aspek tersebut juga mendukung berjalannya sistem demokrasi dalam pemerintahan disuatu negara. Dalam era disrupsi saat ini mengakibatakan terjadinya perubahan-perubahan yang mendasar salah satunya di pengaruhi oleh teknologi digital.  Pemerintah didorong lebih responsif dalam menaggapi suatu permasalahan dan isu-isu publik. Munculnya ruang-ruang publik dalam dunia digital membuat perubahan dalam sistem demokrasi. Fenomena Demokrasi Digital di Indonesia masih belum banyak dibahas dalam kajian-kajian lain hal ini di karenakan fenomena ini masih baru terjadi sejak meluasnya teknologi internet. Dengan mengangkat topik-topik pembahasan yang kekinian akan memebrikan referensi tentang solusi dan penanganan masalah-masalah yang masih abstrak berdasarakan teori, analisa, dan data dari para narasumber yang dihadirkan. 

Acara seminar dan diskusi umum ini isi dengan penampilan musik dari para Mahasiswa Universitas AMIKOM Yogyakarta. Penampilan dari ‘PENA’ dan Grup Band Mahasiswa Ilmu Pemerintahan mengisi  keseruan dan keramaian suasana dalam acara E-Gov Voices #1 ini. Menghadirkan lebih dari 100 pesetra, meskipun belum terisi penuh namun ini adalah awal yang baik untuk membangun lingkungan yang mendukung bagi perkembangan  civitas akademik di Universitas AMIKOM khususnya Prodi Ilmu Pemerintahan. di hadiri oleh berbagai kalangan dari dosen, mahasiswa, karyawan dan umum dari dalam dan luar lingkungan Universitas AMIKOM Yogyakarta. Para pesetra  memiliki antusias yang tinggi, sangat banyak pertanyaan yang diajukan kepada narasumber terkait topik pembahasan “Demokrasi Digital” ini.  Closing Statment dari Moderator Acara, Yoga Suharman, S.IP, MA, Dosen Universitas AMIKOM Yogyakarta disampaikan saat selesai sesi pemaparan oleh narasumber. Penyerahan piagam penghargaan oleh ibu Anik Sri Widawati kepada para narasumber yang telah memberi pemaparan tentang ‘Demokrasi Digital’, menjadi penutup dan tanda berakhirnya acara.