BERITA

Kuliah dan Diskusi umum bersama Prof. Hemmady Mora


2019-05-02T00:00:00

Rabu, 31 Oktober 2018 Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas AMIKOM Yogyakarta berkesempatan melakukan kuliah dan diskusi umum bersama Prof. Hemmady Mora yang berasal dari Polytechnic University of Philippines dengan tema “Media Literacy In The Area Industrial Revolution 4.0”.

Kuliah dan diskusi kali ini dapat dikatakan sangat istimewa karena tema “media literacy in the area industrial revolution 4.0” sangat bersangkutan dengan mata kuliah yang sedang diajarkan pada saat itu yaitu mata kuliah media dan politik di bawah bimbingan bapak Muhammad Zuhdan S.IP, M.A.

Kuliah yang dilaksanakan pada pukul 10.30 WIB di unit 4 lantai 3 ruang 4.3.1 Universitas AMIKOM ini berjalan dengan sangat lancar dan efektif karena melibatkan seluruh Mahasiswa Ilmu Pemerintahan AMIKOM Yogyakarta beserta Dosen Ilmu Pemerintahan AMIKOM Yogyakarta.

Bapak Muhammad Zuhdan S.IP, M.A. sengaja melakukan kerjasama dengan Prof. Hemmady Mora karena beliau memang ahli dalam bidang media dan politik sehingga diberi kepercayaan untuk mengisi kuliah dan diskusi umum mengenai “media literacy in the area industrial revolution 4.0”.

Dalam diskusi ini, Prof. Hemmady Mora menyampaikan bahwa media dan politik memiliki pengaruh yang sangat kuat. Media merupakan suatu alat yang berfungsi sebagai sumber informasi mengenai politik serta sebagai penentu perubahan industry yang bersumber dari keadaan politik didunia.

Revolusi industri 4.0 menyebabkan kemajuan teknologi yang sangat pesat oleh karena itu dibutuhkan sebuah gaya berpolitik yang baru dengan memanfaatkan media sebagai sumber penyedia informasi terhadap perubahan politik dengan gaya politik baru yaitu politik pembangunan yang mulai diterapkan di Negara-negara Asia Tenggara.

Dengan adanya perkembangan teknologi ini mempermudah akses bagi para penduduk di daerah yang terisolasi dari dunia luar. Sehingga penduduk disuatu Negara dapat mengawasi proses pembangunan yang dilakukan di negaranya dengan memanfaatkan teknologi dan media yang ada saat ini.

Pengaruh media terhadap industrial revolution 4.0 sangat penting karena media saat ini memang suatu hal yang sangat popular dan banyak digunakan oleh masyarakat modern pada zaman modern ini, sehingga peran media berfungsi sebagai tempat penyalur aspirasi dari masyarakat, tempat memantau segala jenis kegiatan yang dilakukan oleh Negara dan kegiatan yang berhubungan dengan politik lainnya.

Media yang dimaksud saat ini adalah media social yang terhubung melalui koneksi internet, seperti instagram, twitter, youtube, facebook, dan lalin lain. Melalui media media tersebut banyak tautan yang berisi mengenai keadaan politik suatu Negara sehingga masyarakat dapat langsung memantau melalui tautan yang dibagikan tersebut.

Menurut Prof. Hemmady Mora, Media memiliki dampak negative dan positive terhadap perkembangan politik. Dampak negatifnya adalah masyarakat cenderung lebih memperhatikan permasalahan Negara melalui media social saja tanpa mengetahui fakta yang sebenarnya terjadi, lalu masyarakat kerap hanya melontarkan kalimat-kalimat yang kurang mendukung, cenderung menyalahkan program pemerintah melalui komentar pada suatu media.

Selain itu dampak negatifnya adalah sering beredarnya berita hoax yang kerap disampaikan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk meracuni publik dengan berita yang seolah-olah benar, penyebaran hoax di bidang politik bertujuan untuk menjatuhkan lawan politik yang ada. Sehingga media sering disalahgunakan.

Dampak positive media terhadap perkembangan politik yang termasuk dalam perubahan revolusi 4.0 ini adalah media sebagai penyampai informasi yang tercepat dan sebagai akses berkomunikasi antara masyarakat dengan Negara untuk mewujudkan Negara yang sejahtera dengan kemajuan teknologi. (    MN)